Selasa, 16 Agustus 2011

Warnet legos here we come

warnet legos

Saya mau sharing pengalaman membuat warnet legos (Legal OS), walaupun akhirnya si owner menunda dahulu gara-gara telat ngedaftar. Kira-kira bulan febuari 2010, saya mendapat orderan pembuatan paket warnet untuk 23 komputer di bekasi. Seperti pada umumnya, calon client biasanya bertanya tentang Windows legal. Saya menjelaskan bahwa biaya perclientnya cukup mahal, yaitu sekitar 900 ribu sampai satu jutaan. Jadi kalo ditotal 23 client udah sekitar dua puluh-an juta. Lumayan menyita modal juga. Mendengar penjelasan dari saya, rupanya si calon client lumayan terkejut juga dan mengurungkan niatnya sementara untuk membeli windows asli tersebut. Karena tadinya yang beliau inginkan adalah mendirikan usaha dengan paket warnet murah.
Tapi cerita tidak berhenti sampai disitu saja. Saya penasaran dengan warnet legos ini, dan mencoba mencari tau informasinya di internet. Akhirnya ketemu informasi menarik. Ternyata sedang ada promosi windows asli yang dapat digunakan untuk warnet. Tahukah kita?, kalau lisensi windows untuk personal dan lisensi window untuk warnet berbeda. Saya juga mendapatkan informasi bagus, harga lisensi windows untuk warnet lebih murah ketimbang lisensi untuk personal. Rupanya pihak microsoft indonesia sedang gencar-gencarnya menargetkan pasar warnet di indonesia. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Segera saja saya telepon pihak penjual dan bertanya-tanya. Beruntung ternyata pihak penjual akan mengadakan seminar dan tanya jawab seputar promosi warnet legos ini.
Yaaa, tentunya saya datang ke acara seminar tersebut dan mendengarkan penjelasan dari pihak penjual. Saya dijelaskan bahwasanya penjualan lisensi oleh microsoft untuk warnet-warnet indonesia tidak selalu ada. Tahun kemarin saja cuman ada sekitar 3 kali penawaran, itupun waktunya tidak tentu. Ini berarti kita tidak bisa langsung membeli windows asli untuk warnet kapan saja kita mau. Kita harus menunggu microsoft mengadakan kembali penjualan lisensi warnet legos. Dan kita tidak tahu kapan, atau bahkan tidak tahu kedepannya akan diadakan lagi atau tidak.
Karena harganya jauh lebih murah ketimbang lisensi personal dan belum tentu promosi ini akan ada lagi, segera saja saya ingin mendaftar. Ohya ada yang kelupaan. Dengan paket warnet legos ini kita juga mendapat beberapa merchandise microsoft. Seperti penutup layar monitor, tatakan mouse, poster, dll. Jadi saya pikir lumayan juga.
Untuk mendapatkan lisensi tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah harus terdaftar di website warnetlegos.com. Nah disinilah kendala saya untuk mendapatkan lisensi tersebut. Pada saat itu promo warnet legos berakhir besoknya. Namun untuk dapat mendaftar dan diterima di website warnetlegos.com membutuhkan waktu beberapa hari. Jadi.. saya tidak mungkin mendapatkan lisensi tersebut saat ini. Dan berarti saya harus menunggu dan berharap pihak microsoft mengadakan lagi promosi lisensi warnet legos ini kedepannya.
Tips untuk teman-teman yang ingin membeli lisensi windows asli untuk warnet adalah silahkan terlebih dahulu mendaftar di website warnetlegos.com. Jangan melakukan pendaftaran dekat-dekat dengan waktu promosi. Karena pendaftaran tidak serta merta langsung diterima, namun perlu waktu untuk verifikasi data. Jadi kita masih punya banyak waktu untuk memenuhi syarat-syarat lain.
Dengan warnet legos kita terhindar dari sweeping pihak berwenang, tidak menyalahi hak cipta, dan menenangkan hati. Walaupun lumayan merogoh kocek juga sih. Semoga makin murah aja harganya, dan makin gencar promosinya biar kedepannya semua warnet di indonesia bisa legal OS.

0 komentar:

Posting Komentar