Sabtu, 01 Oktober 2011

Menampilkan Desktop Cube bersamaan dengan Unity pada ubuntu 11.04


pada saat ane mengupgrade ubuntu 10.10 ane ke mbak Natty tiba2 saja tampilan menjadi error,
padahal ane masih termasuk newbi didunia perubuntuan
alhasil ane harus instal fresh mbak Natty dan ngorbanin data2 ane seperti email dan aplikasi yg udan ane donlot bergiga2 karena ane juga ngga tau cara backup email2 ane di thunderbird
googling sana sini ternyata ngga cuma ane yg jadi korban keanehan mbak Natty yang ternyata saat ane upgrade desktop cube ane masih aktif dan crash dengan unity.
Tapi ternyata ada cara untuk dapat mengaktifkan 2 plugin itu secara bersamaan
dan di sini ane mau share aja copas dari Link yang membahas tutorial mengatasi masalah tersebut
Penting sebelum memulai pada saat proses semua panel akan hilang dan tampilan seperti hang
jadi disarankan untuk menampilkan shortcut compiz setting manager dan tutorial di desktop agan

tapi kalo udah terlanjur agan bisa login dengan desktop classic untuk membuat shortcutnya di desktop

langkah2nya sebagai berikut
instal compizconfig-settings-manager (CCSM) bila belum terinstal diubuntu agan
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
setelah selesai jalankan compizconfig-settings-manager dan disarankan untuk membackup settingan default yg terdapat di
"compizconfig-settings-manager=>preference=>profile&backend=>profile=>exp ort"

silahkan diberi nama apa saja contohnya unitywall
setelah itu agan perlu men disable dan meng enable beberapa plugin secara berurutan
setidaknya dibutuhkan waktu 5-10 detik setiap agan men disable ato meng enable plugin2 tersebut
lakukan secara berurutan
Disable Plugins
1. Ubuntu Unity Plugin
2. Desktop Wall
3. OpenGL (pilih 'Disable these plugins' ketika ditanya "it would disable some other plugins")
4. Composite
Enable Plugins
1. Composite
2. OpenGL
3. Desktop Cube
4. Rotate Cube
5. Animations
6. Enhanced Zoom Desktop
7. Expo
6. Fading Windows
8. Ubuntu Unity Plugin
saat ubuntu unity plugin di aktifkan akan timbul beberapa konflik
pilih "Resolve Conflicts" pada jendela yang muncul
konflik pertama muncul antara "Reveal Mode" dari "Ubuntu Unity Plugin" dan "Rotate Flip Left" dari "Rotate Cube". sebaiknya agan memilih "Disable Rotate Flip Left" supaya menghindarkan crash yg terjadi dengan unity

setelah itu konflik selanjutnya antara "Ubuntu Unity Plugin" dan "Gnome Compatibility Plugin". silahkan pilih "Disable Show Main Menu".

setelah itu akan ada pilihan selanjutnya, silahkan pilih "Disable Run Dialog"


kalau semua sudah lancar berati agan udah selesai menyetting cube, langkah selanjutnya adalah masuk ke tty1 screen dengan tombol Ctrl + Alt + F1
silahkan login sesuai username agan lalu ketik
sudo service gdm restart
nah sekarang agan dapat melihat Desktop Unity agan dengan desktop cube

Untuk menyesuaikan jumlah desktop buka lagi compiz config setting manager masuk ke General Option
Pilih "Desktop Size" kemudian ubah "Horizontal Virtual Size" menjadi 4 dan "Vertikal Virtual Size" menjadi 1 agar cube anda sempurna. Tapi agan juga bisa mengaturnya lebih dari 4 sesuai keinginan agan.
setelah semua selesai sebaiknya dettingan ini agan backup lagi jadi kalo ada apa2 bisa di restore lagi
ini tampilan punya ane setelah ane lakukan langkah2 di atas

0 komentar:

Posting Komentar